15 oktober 2023 hari apa

Tanggal 15 Oktober 2023 Hari Apa?

Tanggal 15 Oktober 2023 Hari Apa? Ada apa si di tanggal 15 Oktober 2023 ? Perlu sobat mastah ketahui pada tanggal 15 Oktober selain diperingati sebagai ” Hari Cuci Tangan Sedunia ” tanggal tersebut juga diperingati hari ” Pelajar Sedunia “.

Lebih jelasnya kita cek sejarah dan informasi tentang kedua peringatan tersebut, baik ” Hari Cuci Tangan Sedunia ” maupun Hari pelajar Sedunia “.

15 oktober 2023 hari apa

Hari Pelajar Sedunia

Yap, setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai hari pelajar Sedunia. Sejarah peringatan ” Hari pelajar Sedunia ” setiap tanggal 15 oktober tidak lepas dari hari ulang tahun mantan presiden India, mendiang Dr. A.P.J. Abdul Kalam.

Hari Pelajar Sedunia awalnya ada di India bertujuan untuk mengakui dampak Kalam terhadap sektor pendidikan India. A.P.J Abdul Kalam lahir merupakan seorang ilmuwan yang sudah mengenyam banyak jenjang pendidikan.

Kalam menerima tujuh gelar doktor kehormatan dari 40 universitas, Ia memiliki karir yang cemerlang dan menjadi ilmuwan nuklir paling terkenal di India pada tahun 1990-an. Kalam kemudian menjadi presiden ke-11 Republik India pada tanggal 18 Juli 2002. Dengan adanya cerita dari Kalam diharapkan bisa membangkitkan semangat pelajar untuk belajar yang sungguh-sungguh.

Hari Cuci Tangan Sedunia

Sejarah ” Hari Cuci Tangan Sedunia ” dimulai pada tahun 2008. Inisiasi hari cuci tangan sedunia setiap 15 Oktober tak lepas dari kemitraan Cuci Tangan Global kala itu. Kemitraan ini ber keinginan mendorong masyarakat dunia untuk mengingat pentingnya mencuci tangan demi kesehatan.

Mencuci tangan memamng terkesan sederhana namun manfaat dari kegiatan tersebut sangatlah besar. Manusia bisa terhindar dari berabgai penyakit berawal dari program sederhana mencuci tangan mereka.

Dengan tangan yang bersih maka kesehatan masyarakat dunia akan terus meningkat. hari cuci tangan terus meningkat, apalagi setiap pemerintahan didunia mendukung program ini, tidak hanya itu saja, lembaga internasional, Swasta, masyarakat dunia dan semua yang berkepentingan akan hal ini semua mendukung. Maka dari itu setiap tanggal 15 Oktober diperingati sebagai hari cuci tangan sedunia.

Atau orang sering menyebut dengan istilah Hari Cuci Tangan Global. Sudah siap sobat semua dengan pembiasaan sehat yang sederhana dengan mencuci tangan pakai sabun ? Yuk mulai dari diri kita sendiri dan untuk semuanya.

Pertanyaan :

Tanggal 15 Oktober 2023 Hari Apa ? Maka jawabanya adalah diperingati sebagai ” Hari Cuci Tangan Sedunia ” dan Hari Pelajar Sedunia