Rahasia Ampuh Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Dilirik HRD


Rahasia Ampuh Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Dilirik HRD

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan adalah sebuah dokumen yang ditulis dengan tangan untuk melamar pekerjaan. Biasanya berisi informasi pribadi, kualifikasi, dan pengalaman pelamar.

Surat lamaran kerja tulis tangan dapat menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Selain itu, surat lamaran tulis tangan juga dapat menjadi pembeda dari pelamar lainnya yang menggunakan surat lamaran yang diketik.

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan:

  • Gunakan kertas berkualitas baik.
  • Tulis dengan rapi dan jelas.
  • Sertakan semua informasi yang relevan.
  • Periksa ejaan dan tata bahasa.
  • Tandatangani surat dengan tangan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan memiliki beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Isi: Informasi pribadi, kualifikasi, dan pengalaman yang relevan.
  • Penampilan: Kertas berkualitas baik, tulisan rapi dan jelas, ejaan dan tata bahasa yang benar.
  • Tujuan: Menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar.
  • Format: Umumnya terdiri dari pembukaan, isi, dan penutup.
  • Tanda tangan: Tanda tangan asli pelamar.
  • Fungsi: Alat untuk melamar pekerjaan.
  • Manfaat: Dapat menjadi pembeda dari pelamar lain.
  • Sejarah: Telah digunakan sebagai metode lamaran kerja sejak lama.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, contoh surat lamaran kerja tulis tangan dapat menjadi alat yang efektif untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran yang ditulis dengan baik dapat menunjukkan profesionalisme, keseriusan, dan perhatian pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar.

Isi


Isi, Contoh Surat

Bagian isi surat lamaran kerja tulis tangan merupakan bagian yang sangat penting. Bagian ini berisi informasi pribadi, kualifikasi, dan pengalaman pelamar yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Informasi pribadi yang dicantumkan meliputi nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Kualifikasi yang dicantumkan meliputi pendidikan, pelatihan, dan sertifikasi yang dimiliki pelamar. Pengalaman yang dicantumkan meliputi pengalaman kerja sebelumnya, pengalaman organisasi, dan pengalaman lainnya yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

Mencantumkan informasi yang lengkap dan akurat pada bagian ini sangat penting. Informasi ini akan digunakan oleh perekrut untuk menilai kualifikasi dan kesesuaian pelamar dengan pekerjaan yang dilamar. Oleh karena itu, pelamar harus memastikan bahwa informasi yang dicantumkan jelas, ringkas, dan mudah dibaca.

Penampilan


Penampilan, Contoh Surat

Penampilan surat lamaran kerja tulis tangan sangat penting karena menunjukkan keseriusan dan perhatian pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Perekrut akan menilai surat lamaran dari berbagai aspek, termasuk penampilan.

  • Kertas berkualitas baik

    Kertas yang digunakan untuk menulis surat lamaran harus berkualitas baik, tidak mudah robek atau kusut. Jenis kertas yang biasa digunakan adalah kertas HVS dengan gramatur 80 gsm atau lebih.

  • Tulisan rapi dan jelas

    Tulisan pada surat lamaran harus rapi dan jelas, sehingga mudah dibaca oleh perekrut. Hindari menggunakan huruf yang terlalu kecil atau terlalu besar. Tulislah dengan tangan yang stabil dan gunakan tinta berwarna hitam atau biru.

  • Ejaan dan tata bahasa yang benar

    Ejaan dan tata bahasa yang benar menunjukkan bahwa pelamar memiliki tingkat pendidikan dan profesionalisme yang baik. Periksa kembali ejaan dan tata bahasa surat lamaran dengan cermat sebelum mengirimkannya.

Dengan memperhatikan penampilan surat lamaran, pelamar dapat menunjukkan bahwa mereka menghargai pekerjaan yang dilamar dan bahwa mereka adalah kandidat yang profesional dan serius.

Tujuan


Tujuan, Contoh Surat

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan memiliki tujuan untuk menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Hal ini disebabkan karena surat lamaran tulis tangan membutuhkan usaha dan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan surat lamaran yang diketik. Dengan menulis surat lamaran dengan tangan, pelamar menunjukkan bahwa mereka benar-benar tertarik dan serius dengan pekerjaan yang dilamar.

Selain itu, surat lamaran tulis tangan juga dapat memberikan kesan yang lebih personal dan unik dibandingkan dengan surat lamaran yang diketik. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan perhatian terhadap detail.

Dalam praktiknya, surat lamaran tulis tangan sering kali digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang desain, seni, dan penulisan. Namun, surat lamaran tulis tangan juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang lainnya, tergantung pada kebijakan perusahaan dan preferensi perekrut.

Format


Format, Contoh Surat

Format surat lamaran kerja tulis tangan umumnya terdiri dari tiga bagian utama, yaitu pembukaan, isi, dan penutup. Pembukaan surat berisi salam pembuka dan perkenalan singkat pelamar. Isi surat berisi informasi tentang kualifikasi, pengalaman, dan motivasi pelamar untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Penutup surat berisi ucapan terima kasih atas waktu dan pertimbangan perekrut, serta harapan pelamar untuk dapat dihubungi lebih lanjut.

  • Pembukaan

    Pembukaan surat lamaran kerja tulis tangan harus menarik perhatian perekrut dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. Pembukaan yang baik dapat berupa pernyataan yang kuat tentang kualifikasi atau pengalaman pelamar, atau dengan mengajukan pertanyaan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

  • Isi

    Isi surat lamaran kerja tulis tangan harus jelas, ringkas, dan mudah dibaca. Dalam bagian ini, pelamar harus menyoroti kualifikasi dan pengalaman yang paling relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Pelamar juga dapat menyertakan informasi tentang motivasi mereka untuk melamar pekerjaan tersebut dan bagaimana mereka dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan.

  • Penutup

    Penutup surat lamaran kerja tulis tangan harus sopan dan profesional. Dalam bagian ini, pelamar dapat mengulangi minat mereka pada pekerjaan tersebut dan menyatakan harapan mereka untuk dapat dihubungi lebih lanjut. Pelamar juga dapat berterima kasih kepada perekrut atas waktu dan pertimbangan mereka.

Dengan mengikuti format ini, pelamar dapat membuat surat lamaran kerja tulis tangan yang efektif dan menarik yang akan membantu mereka mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Tanda tangan


Tanda Tangan, Contoh Surat

Tanda tangan asli pelamar pada contoh surat lamaran kerja tulis tangan memiliki peran yang sangat penting. Tanda tangan menjadi bukti autentikasi bahwa surat lamaran tersebut benar-benar dibuat dan dikirim oleh pelamar yang bersangkutan. Hal ini penting karena surat lamaran kerja merupakan dokumen resmi yang digunakan untuk melamar pekerjaan.

Selain itu, tanda tangan asli juga memberikan kesan profesional dan kesungguhan pelamar dalam melamar pekerjaan. Perekrut akan lebih menghargai surat lamaran yang ditandatangani dengan tangan dibandingkan dengan surat lamaran yang hanya diketik.

Dalam praktiknya, tanda tangan asli pelamar biasanya diletakkan di bagian akhir surat lamaran, setelah penutup. Tanda tangan harus ditulis dengan jelas dan mudah dibaca, sehingga perekrut dapat dengan mudah mengidentifikasi pelamar.

Dengan demikian, tanda tangan asli pelamar merupakan komponen penting dari contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Tanda tangan ini berfungsi sebagai bukti autentikasi, memberikan kesan profesional, dan menunjukkan kesungguhan pelamar dalam melamar pekerjaan.

Fungsi


Fungsi, Contoh Surat

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan berfungsi sebagai alat untuk melamar pekerjaan. Surat lamaran digunakan untuk memperkenalkan diri, kualifikasi, dan pengalaman pelamar kepada calon pemberi kerja. Melalui surat lamaran, pelamar dapat meyakinkan pemberi kerja bahwa mereka memiliki keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar.

Surat lamaran kerja tulis tangan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan surat lamaran yang diketik. Surat lamaran tulis tangan menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar. Hal ini karena menulis surat lamaran dengan tangan membutuhkan usaha dan waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan mengetik. Selain itu, surat lamaran tulis tangan juga memberikan kesan yang lebih personal dan unik, sehingga dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar.

Dalam praktiknya, contoh surat lamaran kerja tulis tangan banyak digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang kreatif, seperti desain, seni, dan penulisan. Namun, surat lamaran tulis tangan juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang lainnya, tergantung pada kebijakan perusahaan dan preferensi perekrut.

Manfaat


Manfaat, Contoh Surat

Manfaat utama dari contoh surat lamaran kerja tulis tangan adalah dapat menjadi pembeda dari pelamar lain. Di era digital yang serba cepat ini, banyak pelamar yang menggunakan surat lamaran yang diketik atau bahkan dikirim melalui email. Dengan menulis surat lamaran dengan tangan, pelamar dapat menunjukkan kesungguhan dan perhatian mereka terhadap pekerjaan yang dilamar.

Selain itu, surat lamaran tulis tangan juga memberikan kesan yang lebih personal dan unik. Hal ini dapat menjadi nilai tambah bagi pelamar, terutama untuk pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan perhatian terhadap detail.

Dalam praktiknya, surat lamaran tulis tangan sering kali digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang desain, seni, dan penulisan. Namun, surat lamaran tulis tangan juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang lainnya, tergantung pada kebijakan perusahaan dan preferensi perekrut.

Dengan demikian, manfaat dari contoh surat lamaran kerja tulis tangan sebagai pembeda dari pelamar lain sangatlah penting. Pelamar yang menggunakan surat lamaran tulis tangan dapat menunjukkan kesungguhan, perhatian, dan kreativitas mereka, sehingga dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Sejarah


Sejarah, Contoh Surat

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan memiliki sejarah panjang sebagai metode untuk melamar pekerjaan. Sejak dahulu kala, orang-orang telah menggunakan surat tulis tangan untuk memperkenalkan diri dan kualifikasi mereka kepada calon pemberi kerja. Metode ini masih digunakan hingga saat ini, meskipun telah muncul metode lamaran kerja yang lebih modern seperti melalui email atau platform daring.

  • Tradisi dan Kesopanan

    Penggunaan surat lamaran kerja tulis tangan dianggap sebagai tradisi dan menunjukkan kesopanan. Di beberapa budaya, menulis surat lamaran dengan tangan dipandang sebagai bentuk penghormatan kepada calon pemberi kerja.

  • Kesan Personal

    Surat lamaran kerja tulis tangan memberikan kesan yang lebih personal dibandingkan dengan surat lamaran yang diketik. Tulisan tangan setiap orang unik, sehingga dapat memberikan gambaran tentang kepribadian dan karakter pelamar.

  • Kreativitas dan Keterampilan

    Dalam beberapa bidang pekerjaan, seperti desain dan seni, surat lamaran kerja tulis tangan dapat digunakan untuk menunjukkan kreativitas dan keterampilan pelamar. Pelamar dapat menggunakan berbagai jenis kertas, tinta, dan teknik penulisan untuk membuat surat lamaran yang menarik dan berkesan.

  • Bukti Kesungguhan

    Menulis surat lamaran dengan tangan membutuhkan waktu dan usaha. Hal ini dapat menunjukkan kesungguhan dan minat pelamar terhadap pekerjaan yang dilamar.

Meskipun surat lamaran kerja tulis tangan memiliki sejarah panjang dan beberapa manfaat, namun perlu diingat bahwa tidak semua perusahaan atau perekrut menghargai metode ini. Oleh karena itu, pelamar perlu menyesuaikan metode lamaran kerja mereka dengan kebijakan dan preferensi perusahaan yang dilamar.

Pertanyaan Umum tentang Contoh Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan terkait contoh surat lamaran kerja tulis tangan:

Pertanyaan 1: Mengapa contoh surat lamaran kerja tulis tangan masih digunakan saat ini?

Meskipun sudah ada metode lamaran kerja modern, contoh surat lamaran kerja tulis tangan masih digunakan karena dianggap lebih personal, menunjukkan kesungguhan, dan dapat memberikan gambaran tentang kreativitas dan keterampilan pelamar.

Pertanyaan 2: Untuk jenis pekerjaan apa saja contoh surat lamaran kerja tulis tangan bisa digunakan?

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan sering digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang kreatif, seperti desain, seni, dan penulisan. Namun, surat lamaran tulis tangan juga dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di bidang lain, tergantung kebijakan perusahaan dan preferensi perekrut.

Pertanyaan 3: Apa saja manfaat menggunakan contoh surat lamaran kerja tulis tangan?

Manfaat menggunakan contoh surat lamaran kerja tulis tangan adalah dapat menjadi pembeda dari pelamar lain, memberikan kesan yang lebih personal, menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar, serta dapat digunakan untuk menunjukkan kreativitas dan keterampilan.

Pertanyaan 4: Apa yang harus diperhatikan saat menulis contoh surat lamaran kerja tulis tangan?

Saat menulis contoh surat lamaran kerja tulis tangan, yang perlu diperhatikan adalah menggunakan kertas berkualitas baik, menulis dengan rapi dan jelas, memperhatikan ejaan dan tata bahasa, serta membubuhkan tanda tangan asli.

Pertanyaan 5: Apakah contoh surat lamaran kerja tulis tangan efektif untuk mendapatkan pekerjaan?

Efektivitas contoh surat lamaran kerja tulis tangan tergantung pada kebijakan perusahaan dan preferensi perekrut. Namun, surat lamaran tulis tangan yang ditulis dengan baik dan sesuai dengan kualifikasi pekerjaan yang dilamar dapat meningkatkan peluang pelamar untuk mendapatkan pekerjaan.

Pertanyaan 6: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menulis contoh surat lamaran kerja tulis tangan?

Waktu yang dibutuhkan untuk menulis contoh surat lamaran kerja tulis tangan bervariasi tergantung pada panjang surat dan kerumitan desainnya. Namun, umumnya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk menulis surat lamaran tulis tangan yang baik.

Demikian beberapa pertanyaan umum tentang contoh surat lamaran kerja tulis tangan. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam menulis surat lamaran kerja yang efektif.

Baca juga artikel selanjutnya: Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Menarik

Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Surat lamaran kerja tulis tangan yang baik dapat menjadi faktor pembeda dalam proses melamar kerja. Berikut beberapa tips untuk menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang efektif:

Tip 1: Gunakan Kertas dan Tinta Berkualitas

Pilihlah kertas yang berkualitas baik, tidak mudah robek atau kusut. Gunakan tinta berwarna hitam atau biru, karena warna tersebut mudah dibaca dan terlihat profesional.

Tip 2: Tulis dengan Rapi dan Jelas

Tulislah surat dengan rapi dan jelas, sehingga mudah dibaca oleh perekrut. Hindari menulis terlalu kecil atau terlalu besar. Gunakan huruf yang konsisten dan jaga jarak antar baris.

Tip 3: Perhatikan Ejaan dan Tata Bahasa

Periksa kembali ejaan dan tata bahasa surat lamaran dengan cermat. Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat mengurangi kesan profesional Anda.

Tip 4: Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

Sesuaikan isi surat lamaran dengan posisi yang Anda lamar. Sorot kualifikasi dan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan tersebut.

Tip 5: Tulis dengan Singkat dan Jelas

Tulislah surat lamaran yang singkat dan jelas, tidak lebih dari satu halaman. Hindari bertele-tele dan fokuslah pada informasi yang penting.

Tip 6: Sertakan Tanda Tangan Asli

Bubuhkan tanda tangan asli Anda di bagian akhir surat lamaran. Tanda tangan Anda berfungsi sebagai bukti bahwa surat tersebut benar-benar dibuat oleh Anda.

Tip 7: Periksa Kembali Sebelum Mengirim

Sebelum mengirim surat lamaran, periksa kembali seluruh isi surat untuk memastikan tidak ada kesalahan. Minta bantuan orang lain untuk memeriksa surat Anda jika memungkinkan.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat menulis surat lamaran kerja tulis tangan yang efektif dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Baca juga artikel selanjutnya: Panduan Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan yang Menarik

Kesimpulan

Contoh surat lamaran kerja tulis tangan merupakan salah satu cara untuk melamar pekerjaan. Meskipun saat ini banyak metode lamaran kerja yang lebih modern, namun surat lamaran tulis tangan masih memiliki beberapa kelebihan, yaitu dapat menunjukkan kesungguhan dan perhatian pelamar, memberikan kesan yang lebih personal, serta dapat digunakan untuk menunjukkan kreativitas dan keterampilan.

Dalam menulis surat lamaran tulis tangan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti menggunakan kertas dan tinta berkualitas baik, menulis dengan rapi dan jelas, memperhatikan ejaan dan tata bahasa, serta membubuhkan tanda tangan asli. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, pelamar dapat membuat surat lamaran tulis tangan yang efektif dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan