Rahasia Menarik Surat Lamaran Tulisan Tangan yang Menaklukkan HRD


Rahasia Menarik Surat Lamaran Tulisan Tangan yang Menaklukkan HRD

Contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan adalah surat lamaran yang ditulis dengan tangan, bukan diketik atau dicetak. Ini biasanya digunakan ketika melamar pekerjaan yang membutuhkan keterampilan menulis tangan yang baik, seperti posisi sekretaris atau resepsionis.

Ada beberapa manfaat menggunakan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan. Pertama, ini menunjukkan bahwa Anda bersedia meluangkan waktu dan tenaga ekstra untuk membuat kesan yang baik. Kedua, ini menunjukkan Anda memiliki keterampilan menulis tangan yang baik, yang merupakan aset berharga di banyak pekerjaan. Ketiga, ini bisa menjadi cara untuk menonjol dari pelamar lain, karena tidak biasa untuk mengirimkan surat lamaran tulisan tangan.

Jika Anda mempertimbangkan untuk menggunakan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, pastikan tulisan tangan Anda rapi dan mudah dibaca. Kedua, gunakan kertas berkualitas baik dan pastikan surat Anda bebas dari kesalahan. Ketiga, sesuaikan surat Anda dengan pekerjaan yang Anda lamar, dan pastikan untuk menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulisan Tangan

Contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan merupakan salah satu aspek penting dalam melamar pekerjaan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran tulisan tangan, di antaranya:

  • kerapian tulisan tangan
  • penggunaan kertas berkualitas baik
  • tidak adanya kesalahan
  • kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar
  • penonjolan keterampilan dan pengalaman yang relevan
  • penggunaan bahasa yang sopan dan profesional
  • struktur surat yang jelas
  • penulisan nama dan tanda tangan yang jelas
  • penggunaan amplop yang sesuai

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, surat lamaran pekerjaan tulisan tangan dapat menjadi salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam melamar pekerjaan.

Kerapian Tulisan Tangan


Kerapian Tulisan Tangan, Contoh Surat

Kerapian tulisan tangan merupakan salah satu aspek penting dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan. Surat lamaran yang rapi dan mudah dibaca akan memberikan kesan positif kepada perekrut, menunjukkan bahwa pelamar memiliki perhatian terhadap detail dan bangga dengan pekerjaannya.

  • Kejelasan dan Keterbacaan

    Tulisan tangan yang jelas dan mudah dibaca akan memudahkan perekrut untuk memahami isi surat lamaran. Hindari menggunakan tulisan tangan yang terlalu kecil, berantakan, atau sulit dibaca.

  • Konsistensi dan Keseragaman

    Usahakan untuk menjaga konsistensi dan keseragaman dalam tulisan tangan Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda teliti dan memperhatikan detail.

  • Penataan yang Rapi

    Tata letak surat lamaran harus rapi dan terstruktur dengan baik. Sisakan margin yang cukup, gunakan spasi yang konsisten, dan hindari membuat coretan atau kesalahan.

  • Penggunaan Tinta Berkualitas Tinggi

    Gunakan tinta berkualitas tinggi yang tidak mudah luntur atau pudar. Hal ini akan memastikan surat lamaran Anda tetap terlihat rapi dan profesional.

Dengan memperhatikan aspek-aspek kerapian tulisan tangan tersebut, Anda dapat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang akan memberikan kesan positif kepada perekrut dan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Penggunaan Kertas Berkualitas Baik


Penggunaan Kertas Berkualitas Baik, Contoh Surat

Penggunaan kertas berkualitas baik merupakan salah satu faktor penting dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik. Kertas berkualitas tinggi tidak hanya memberikan kesan profesional, tetapi juga dapat memengaruhi cara perekrut memandang surat lamaran Anda.

Ada beberapa alasan mengapa penggunaan kertas berkualitas baik sangat penting:

  • Kesan Profesional: Kertas berkualitas baik memberikan kesan profesional dan menunjukkan bahwa Anda menghargai diri sendiri dan pekerjaan yang Anda lamar.
  • Kejelasan dan Keterbacaan: Kertas berkualitas tinggi memiliki permukaan yang halus dan rata, sehingga tulisan tangan Anda akan terlihat lebih jelas dan mudah dibaca. Ini penting agar perekrut dapat memahami isi surat lamaran Anda dengan mudah.
  • Daya Tahan: Kertas berkualitas baik lebih tahan lama dan tidak mudah robek atau kusut. Hal ini memastikan bahwa surat lamaran Anda akan sampai ke perekrut dalam kondisi baik dan tidak rusak.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menggunakan kertas berkualitas tinggi saat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan. Ini menunjukkan bahwa Anda serius dengan lamaran Anda dan ingin memberikan kesan terbaik kepada perekrut.

Tidak Adanya Kesalahan


Tidak Adanya Kesalahan, Contoh Surat

Dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, tidak adanya kesalahan merupakan aspek krusial yang tidak boleh diabaikan. Kesalahan, sekecil apapun, dapat merusak kesan profesional dan mengurangi kredibilitas surat lamaran Anda.

  • Kesalahan Ejaan dan Tata Bahasa

    Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat surat lamaran Anda terlihat ceroboh dan tidak profesional. Pastikan untuk memeriksa ejaan dan tata bahasa Anda dengan cermat sebelum mengirimkan surat lamaran.

  • Kesalahan Fakta

    Kesalahan fakta, seperti tanggal yang salah atau informasi kontak yang keliru, dapat merusak kredibilitas Anda dan membuat perekrut mempertanyakan perhatian Anda terhadap detail.

  • Kesalahan Format

    Kesalahan format, seperti margin yang tidak rata atau spasi yang tidak konsisten, dapat membuat surat lamaran Anda sulit dibaca dan tidak menarik.

  • Kesalahan Tulisan Tangan

    Kesalahan tulisan tangan, seperti tulisan yang terlalu kecil, berantakan, atau sulit dibaca, dapat membuat perekrut sulit memahami isi surat lamaran Anda.

Dengan memastikan tidak adanya kesalahan dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, Anda menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda cermat, profesional, dan memperhatikan detail. Ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara dan pada akhirnya mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Kesesuaian dengan Pekerjaan yang Dilamar


Kesesuaian Dengan Pekerjaan Yang Dilamar, Contoh Surat

Kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar merupakan salah satu aspek penting dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang efektif. Surat lamaran yang disesuaikan dengan pekerjaan yang dilamar menunjukkan bahwa Anda telah meluangkan waktu untuk mempelajari perusahaan dan posisi yang Anda lamar, serta mengidentifikasi keterampilan dan pengalaman yang relevan.

Ada beberapa cara untuk menyesuaikan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan Anda dengan pekerjaan yang dilamar:

  • Pelajari deskripsi pekerjaan dengan cermat dan identifikasi keterampilan dan pengalaman utama yang dicari pemberi kerja.
  • Tinjau situs web perusahaan dan cari informasi tentang budaya perusahaan, nilai-nilai, dan tujuan bisnis.
  • Sesuaikan isi surat lamaran Anda agar sesuai dengan keterampilan dan pengalaman yang dibutuhkan untuk pekerjaan tersebut, serta tunjukkan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perusahaan.
  • Gunakan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan sebagai dasar, tetapi sesuaikan bahasa dan konten agar sesuai dengan pekerjaan spesifik yang Anda lamar.

Dengan menyesuaikan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan Anda dengan pekerjaan yang dilamar, Anda dapat menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda adalah kandidat yang memenuhi syarat dan bersemangat untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara dan pada akhirnya mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Penonjolan Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan


Penonjolan Keterampilan Dan Pengalaman Yang Relevan, Contoh Surat

Dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, penonjolan keterampilan dan pengalaman yang relevan memegang peranan penting. Hal ini menunjukkan kepada pemberi kerja bahwa Anda memahami kebutuhan pekerjaan dan memiliki kualifikasi yang sesuai.

  • Identifikasi Keterampilan dan Pengalaman yang Diperlukan

    Tinjau deskripsi pekerjaan dengan cermat untuk mengidentifikasi keterampilan dan pengalaman utama yang dicari pemberi kerja. Cocokkan keterampilan dan pengalaman Anda sendiri dengan persyaratan tersebut.

  • Tonjolkan Keterampilan dan Pengalaman yang Sesuai

    Dalam surat lamaran Anda, soroti keterampilan dan pengalaman yang paling relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Berikan contoh spesifik yang menunjukkan bagaimana Anda telah menerapkan keterampilan dan pengalaman tersebut.

  • Sesuaikan Surat Lamaran Anda

    Sesuaikan surat lamaran Anda dengan setiap pekerjaan yang Anda lamar. Tekankan keterampilan dan pengalaman yang paling relevan dengan pekerjaan tertentu dan perusahaan yang Anda tuju.

  • Gunakan Kata Kunci yang Relevan

    Perhatikan penggunaan kata kunci yang relevan dalam surat lamaran Anda. Kata kunci ini harus mencerminkan keterampilan dan pengalaman yang dicari pemberi kerja.

Dengan menonjolkan keterampilan dan pengalaman yang relevan dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, Anda meningkatkan peluang untuk menarik perhatian pemberi kerja dan mendapatkan panggilan wawancara. Hal ini menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang memenuhi syarat dan bersemangat untuk bergabung dengan perusahaan mereka.

Penggunaan Bahasa yang Sopan dan Profesional


Penggunaan Bahasa Yang Sopan Dan Profesional, Contoh Surat

Penggunaan bahasa yang sopan dan profesional merupakan salah satu aspek penting dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik. Bahasa yang sopan dan profesional menunjukkan bahwa Anda menghormati pembaca dan serius dalam melamar pekerjaan tersebut.

  • Kesopanan dan Keramahan

    Gunakan bahasa yang sopan dan ramah sepanjang surat lamaran Anda. Hindari menggunakan bahasa yang kasar, tidak sopan, atau menyinggung.

  • Formalitas dan Objektivitas

    Gunakan bahasa yang formal dan objektif. Hindari menggunakan bahasa yang terlalu santai atau subjektif.

  • Kejelasan dan Kesederhanaan

    Gunakan bahasa yang jelas dan sederhana. Hindari menggunakan bahasa yang berbelit-belit atau teknis.

  • Nada Percaya Diri

    Tunjukkan rasa percaya diri dalam bahasa Anda. Hindari menggunakan bahasa yang ragu-ragu atau tidak yakin.

Dengan menggunakan bahasa yang sopan dan profesional dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, Anda menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa Anda adalah kandidat yang profesional dan berkualitas. Hal ini akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan panggilan wawancara dan pada akhirnya mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan.

Struktur Surat yang Jelas


Struktur Surat Yang Jelas, Contoh Surat

Dalam membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, struktur surat yang jelas sangat penting. Struktur yang jelas memudahkan perekrut untuk memahami isi surat lamaran dan menilai kualifikasi pelamar secara efisien.

Struktur surat lamaran yang umum meliputi:

  1. Kop surat (jika ada)
  2. Tanggal
  3. Nama dan alamat penerima
  4. Salam pembuka
  5. Paragraf pembuka (menyatakan tujuan surat lamaran)
  6. Paragraf pendukung (menyoroti keterampilan dan pengalaman yang relevan)
  7. Paragraf penutup (menyatakan minat dan ajakan bertindak)
  8. Tanda tangan

Dengan mengikuti struktur yang jelas ini, pelamar dapat memastikan bahwa surat lamaran mereka mudah dibaca dan dipahami oleh perekrut. Struktur yang jelas juga menunjukkan bahwa pelamar profesional dan memperhatikan detail, yang dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan panggilan wawancara.

Selain itu, struktur surat yang jelas memungkinkan perekrut untuk dengan cepat mengidentifikasi informasi penting, seperti keterampilan dan pengalaman pelamar. Hal ini sangat penting dalam proses penyaringan awal, di mana perekrut mungkin hanya memiliki waktu singkat untuk meninjau setiap surat lamaran.

Oleh karena itu, struktur surat yang jelas merupakan komponen penting dari contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang efektif. Dengan mengikuti struktur yang jelas, pelamar dapat meningkatkan peluang mereka untuk membuat kesan positif pada perekrut dan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan.

Penulisan Nama dan Tanda Tangan yang Jelas


Penulisan Nama Dan Tanda Tangan Yang Jelas, Contoh Surat

Dalam konteks contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, penulisan nama dan tanda tangan yang jelas memiliki peran penting sebagai berikut:

  • Identitas dan Profesionalisme

    Tanda tangan yang jelas dan mudah dikenali menunjukkan identitas pelamar dan memberikan kesan profesionalisme. Perekrut akan dapat dengan mudah mengidentifikasi pelamar dan membedakannya dari kandidat lainnya.

  • Keaslian dan Orisinalitas

    Tanda tangan asli menunjukkan bahwa surat lamaran tersebut dibuat secara langsung oleh pelamar. Hal ini penting untuk memastikan keaslian dan orisinalitas surat lamaran, terutama dalam konteks lamaran pekerjaan yang mengharuskan penyerahan dokumen fisik.

  • Sikap Serius dan Perhatian terhadap Detail

    Penulisan nama dan tanda tangan yang jelas menunjukkan bahwa pelamar serius dalam melamar pekerjaan dan memperhatikan detail. Perekrut akan menilai sikap positif dan profesionalisme pelamar berdasarkan aspek-aspek ini.

  • Kemudahan Administrasi

    Tanda tangan yang jelas memudahkan proses administrasi perekrutan. Perekrut dapat dengan mudah mencocokkan tanda tangan pada surat lamaran dengan dokumen pendukung lainnya, seperti CV atau portofolio.

Dengan demikian, penulisan nama dan tanda tangan yang jelas merupakan aspek penting dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik. Hal ini menunjukkan identitas, profesionalisme, keaslian, keseriusan, dan perhatian terhadap detail pelamar, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan panggilan wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Penggunaan Amplop yang Sesuai


Penggunaan Amplop Yang Sesuai, Contoh Surat

Penggunaan amplop yang sesuai merupakan komponen penting dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan karena beberapa alasan:

Pertama, amplop yang sesuai melindungi surat lamaran dari kerusakan selama pengiriman. Amplop yang berkualitas baik dan berukuran tepat akan menjaga surat lamaran tetap bersih, rapi, dan terhindar dari lipatan atau sobek.

Kedua, amplop yang sesuai memberikan kesan profesional. Amplop yang bersih, rapi, dan berkualitas tinggi menunjukkan bahwa pelamar menghargai proses lamaran pekerjaan dan memperhatikan detail.

Ketiga, amplop yang sesuai memberikan ruang tambahan untuk informasi penting. Pelamar dapat menuliskan alamat pengirim dan penerima dengan jelas pada amplop, yang memudahkan perekrut untuk memproses lamaran pekerjaan.

Selain itu, penggunaan amplop yang sesuai juga memiliki signifikansi praktis. Misalnya, jika pelamar melamar pekerjaan melalui pos, amplop yang sesuai akan memastikan bahwa surat lamaran sampai ke perekrut dalam kondisi baik.

Dengan demikian, penggunaan amplop yang sesuai merupakan aspek penting dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik. Hal ini menunjukkan profesionalisme, melindungi surat lamaran dari kerusakan, dan memberikan ruang tambahan untuk informasi penting.

Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) tentang Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulisan Tangan

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum dan jawabannya mengenai contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan:

Pertanyaan 1: Apa saja manfaat menggunakan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan?

Jawaban: Menggunakan contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan memiliki beberapa manfaat, di antaranya: menunjukkan kesediaan untuk bekerja keras, menunjukkan keterampilan menulis tangan yang baik, dan dapat menjadi cara untuk menonjol dari pelamar lain.

Pertanyaan 2: Apa saja yang perlu diperhatikan saat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan?

Jawaban: Saat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah: kerapian tulisan tangan, penggunaan kertas berkualitas baik, tidak adanya kesalahan, kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar, penonjolan keterampilan dan pengalaman yang relevan, dan penggunaan bahasa yang sopan dan profesional.

Pertanyaan 3: Mengapa struktur surat yang jelas penting dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan?

Jawaban: Struktur surat yang jelas penting karena memudahkan perekrut untuk memahami isi surat lamaran dan menilai kualifikasi pelamar secara efisien.

Pertanyaan 4: Apa pentingnya penulisan nama dan tanda tangan yang jelas dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan?

Jawaban: Penulisan nama dan tanda tangan yang jelas penting karena menunjukkan identitas, profesionalisme, keaslian, keseriusan, dan perhatian terhadap detail pelamar.

Pertanyaan 5: Mengapa penggunaan amplop yang sesuai penting dalam contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan?

Jawaban: Penggunaan amplop yang sesuai penting karena melindungi surat lamaran dari kerusakan, memberikan kesan profesional, dan memberikan ruang tambahan untuk informasi penting.

Pertanyaan 6: Apakah ada aspek lain yang perlu diperhatikan saat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan?

Jawaban: Selain aspek-aspek yang telah disebutkan, beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan saat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan adalah: penggunaan tata letak yang rapi, penggunaan tinta berkualitas tinggi, dan penyesuaian dengan format yang umum digunakan.

Dengan memperhatikan segala aspek tersebut, pelamar dapat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik dan efektif, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik, silakan merujuk ke bagian lain dari artikel ini.

Tips Membuat Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulisan Tangan

Untuk membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik dan efektif, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, antara lain:

Tip 1: Perhatikan Kerapian Tulisan Tangan
Tulisan tangan yang rapi dan mudah dibaca akan memberikan kesan positif kepada perekrut. Hindari tulisan tangan yang terlalu kecil, berantakan, atau sulit dibaca.

Tip 2: Gunakan Kertas Berkualitas Baik
Kertas berkualitas baik memberikan kesan profesional dan menunjukkan bahwa Anda menghargai diri sendiri dan pekerjaan yang Anda lamar. Pilih kertas yang memiliki permukaan halus dan rata, sehingga tulisan tangan Anda akan terlihat lebih jelas dan mudah dibaca.

Tip 3: Pastikan Tidak Ada Kesalahan
Kesalahan dalam surat lamaran, sekecil apapun, dapat merusak kesan profesional dan mengurangi kredibilitas Anda. Periksa ejaan, tata bahasa, dan fakta dengan cermat sebelum mengirimkan surat lamaran.

Tip 4: Sesuaikan dengan Pekerjaan yang Dilamar
Sesuaikan isi surat lamaran Anda dengan pekerjaan yang dilamar. Tunjukkan keterampilan dan pengalaman yang relevan, serta bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perusahaan.

Tip 5: Tonjolkan Keterampilan dan Pengalaman yang Relevan
Dalam surat lamaran, soroti keterampilan dan pengalaman yang paling relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Berikan contoh spesifik dan kuatifikasi pencapaian Anda.

Tip 6: Gunakan Bahasa yang Sopan dan Profesional
Gunakan bahasa yang sopan dan profesional sepanjang surat lamaran Anda. Hindari bahasa yang kasar, tidak sopan, atau menyinggung.

Tip 7: Perhatikan Struktur Surat yang Jelas
Struktur surat yang jelas memudahkan perekrut untuk memahami isi surat lamaran dan menilai kualifikasi Anda secara efisien. Ikuti struktur umum surat lamaran, yaitu kop surat (jika ada), tanggal, nama dan alamat penerima, salam pembuka, paragraf pembuka, paragraf pendukung, paragraf penutup, dan tanda tangan.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat membuat contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan yang baik dan efektif, sehingga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Selain tips di atas, penting juga untuk memperhatikan aspek-aspek lain, seperti penulisan nama dan tanda tangan yang jelas, serta penggunaan amplop yang sesuai. Dengan memperhatikan semua aspek tersebut, Anda dapat menunjukkan profesionalisme, keseriusan, dan perhatian terhadap detail, sehingga memberikan kesan positif kepada perekrut.

Kesimpulan

Contoh surat lamaran pekerjaan tulisan tangan merupakan salah satu aspek penting dalam melamar pekerjaan. Dengan memperhatikan aspek-aspek seperti kerapian tulisan tangan, penggunaan kertas berkualitas baik, tidak adanya kesalahan, kesesuaian dengan pekerjaan yang dilamar, penonjolan keterampilan dan pengalaman yang relevan, penggunaan bahasa yang sopan dan profesional, struktur surat yang jelas, penulisan nama dan tanda tangan yang jelas, serta penggunaan amplop yang sesuai, pelamar dapat membuat surat lamaran yang baik dan efektif.

Surat lamaran tulisan tangan yang baik menunjukkan profesionalisme, keseriusan, dan perhatian terhadap detail pelamar, sehingga dapat meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan panggilan wawancara dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan