Konvert Word ke Pdf

Cara Konvert Word ke Pdf dengan Mudah

Ada dua jenis dokumen yang cukup populer. Entah itu di kalangan mahasiswa, sampai orang yang bekerja di kantoran. Dua jenis dokumen ini, saling berbeda. Perbedaan itulah yang membuat timbul jawaban dari permasalahan cara konvert word ke pdf.

Jenis dokumen yang dimaksud adalah dokumen word dan pdf. Dua jenis dokumen ini, memang sudah banyak orang yang tahu dan sudah sangat umum.

Dokumen word (Doc) adalah jenis dokumen untuk pengolahan kata yang terdapat di software Microsoft Word. Berbeda dengan Dokumen PDF atau Portabel Document Format yang berkas dokumennya dirancang oleh Adobe Systems sebagai pertukaran dokumen secara digital.

Seringkali permasalahan timbul mengenai bagamana cara mengubah dokumen word ke PDF. Anda yang mengalami permasalahn yang sama, tenang saja. Berikut adalah beberapa cara konvert word ke pdf. Tentu dengan cara yang gampang dan mudah Anda lakukan.

Cara Konvert Word ke PDF Menggunakan Microsoft

Software pertama yang bisa kamu gunakan adalah Microsoft Word. Software unggulan ini, selain digunakan untuk mengolah kata, juga dapat digunakan untuk mengubah format file.

Di Microsoft Office untuk menulis, ada fitur pilihan menyimpan. Anda bisa memilih mau menyimpan file dalam format apa. Salah satunya, menyimpan word menjadi PDF.

Untuk cara menyimpannya, sangatlah mudah. Langkah pertama buka dokumen word yang ingin dijadikan PDF. Setelah membuka dokumen, Anda pilih save as untuk menyimpan ulang. Ketika sudah masuk dalamhalaman penyimpanan Anda ganti format file.

Cara mengganti format file, pilih save as type dan plih PDF. Setelah mengubah format, Anda pilih save untuk menyimpan kembali dokumen yang sudah diubah. Dokumen pun, sudah berubah menjadi PDF.

Bagaimana? Gampang bukan? Selain Microsoft Word, Anda juga bisa mencoba beberapa software lainnya. Misalnya WPS dan Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Mengubah Dokumen Menggunakan WPS

Software ini adalah software yang mirip dengan Microsoft Office. Selain mirip, WPS punya keunggulan yakni penggunaanya yang dapat digunakan secara gratis. WPS adalah software hasil pengembangan Kingsoft. WPS menawarkan fitur utama yakni writer, presentation, dan sheets.

Tidak hanya itu, WPS juga punya fitur mengubah format file. Berikut adalah cara konvert word ke pdf menggunakan WPS.

Buka dokumen di WPS. Setelah itu, klik menu dan pilih menu export to PDF. Selanjutnya, plih halaman untuk menyimpan file. Terakhir, tinggal klik menu export to PDF dan file sudah berubah format menjadi PDF.

Mengubah Dokumen Menggunakan Google Drive

Terakhir, software yang bisa Anda coba adalah Google Drive. Anda sudah pasti mempunyai akun Google. Manfaatkan fitur dari Google Drive ini untuk mengubah format dokumen.

Cara konvert word ke pdf menggunakan Google Drive sangatlah gampang. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Langkah awal, unggah file word terlebih dahulu ke Google Drive. Setelah proses upload selesai, buka file word tadi menggunakan Google Docs. Setelah itu, pilih format PDF dan dokumen pun terunduh. Cek hasil, untuk memastikan kalau dokumen sudah terubah menjadi PDF.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai cara konvert word ke pdf dengan mudah. Sebagai kesimpulan, pilihlah software yang memungkinkan dengan kondisi Anda. Perhatikan juga setiap kekurangan dar masing-masing software.

Misalnya, jika Anda menggunakan WPS atau Google Drive, kekurangannya format font awal akan terubah secara otomatis. Hal yang seperti ini yang harus menjadi perhatian Anda sebelum menggunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.