Cara Membuat Table di Word Mudah Tanpa Ribet

Penggunaan table akan sangat berguna untuk melampirkan data secara lebih jelas dan terperinci. Anda dapat menggunakan Microsoft Word sebagai media alternatif. Anda yang ingin menggunakan Microsoft ini, harus paham dulu bagaimana cara membuat table di word.

Microsoft word, selain digunakan untuk mengolah kata, dapat juga digunakan untuk membuat surat, memasukkan gambar, konvert dokumen, dan lain sebagainya. Membuat table di Microsoft, akan sangat jauh lebih gampang dari pada Anda membuat table menggunakan software yang lain.

Jadi, bagaimana sebenarnya cara membuat table ini? berikut akan dibagikan langkah-langkah yang akan menuntun Anda secara lengkap.

Cara Membuat Table di Word

Untuk cara membuat table di word, Anda bisa menggunakan cara dengan tab insert atau juga bisa langsung menggunakan menu insert.

1). Menggunakan Tab Insert

Di Microsoft word, ada fitur tab insert. Carilah fitur tersebut di bagian atas. Ketika sudah ketemu, Anda bisa langsung klik dan nanti akan muncul pilihan.

Pilihan utama yang akan muncul yakni table, picture, online picture, dan shapes. Sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda langsung pilih saja table untuk langsung membuat table.

Setelah memilih menu table tadi, maka Anda tinggal menentukan pilihan baris dan kolom table Anda. Maksimal baris dan kolom yang bisa Anda buat adalah 10*8. Paling kecil baris dan kolom yang bisa Anda buat adalah 1*1. Ini akan memudahkan cara membuat table di word.

2). Menggunakan Menu Tab Insert

Dengan memilih menggunakan menu tab insert berarti Anda dapat membuat table yang lebih besar dan lebih banyak baris dan kolomnya. Anda bisa mengatur sendiri jumlah baris dan kolom sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memasukkan Tulisan ke dalam Table

Membuat table di Microsoft word Anda juga bisa memasukkan teks atau tulisan. Jadi, bukan hanya sekadar membuat tablenya saja.

Pertama, Anda sudah terlebih dahulu membuat tablenya, kemudian Anda klik kolom table yang ingin dimasukkan teks atau tulisan. Jadi, Anda juga sudah harus punya teks yang ingin dimasukkan ke dalam table.

Seteleh dirasa sudah sesuai antara tulisan dengan kolom tabelnya, maka Anda bisa langsung menyimpannya.

Cara Memodifikasi Table di Word

Untuk modifikasi sendiri, Anda bisa menambahkan warna dan menghapus baris atau kolom yang sudah dibuat. Suka-suka Anda saja, mau membuat dan memodifikasi menjadi seperti apa table milik Anda.

Menghapus Baris dan Menambahkan Warna pada Table

Anda bisa menghapus baris yang tidak perlu. Tidak hanya baris saja, tetapi kolom, sel, bahkan tablenya sekali pun bisa Anda hapus.

Caranya, Anda hanya perlu menuju ke tab layout. Setelah itu, pilih apa saja ang ingin Anda hapus. Ada beberapa pilihan. Ada delete cel, rows, columns, dan table.

Selain bisa membuat dan menghapus baris, modifikasi selanjutnya Anda bisa menambahkan warna. warna juga penting, agar table tidak terkesan monoton.

Untuk menambahkan warna, caranya cukup mudah. Langkah awal, pilih table. Untuk pengubahan warna, silakan menuju menu design. Selanjutnya, pilih color yang ada pada tab borders. Plih warna. Terakhir, klik oke untuk menyetujui perubahan.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat table di word. Software yang satu ini akan sangat berguna untuk membuat table. Membuat tabel di sini juga cukuplah mudah. Anda pun bisa berkreasi semaunya. Mulai dari membuat, memasukkan tulisan, sampai dengan memodifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.