Gudeg Pawon Bu Puji, Yang Nyamleng

PURBALINGGA INFO, Bukan hanya di Jogja makanan gudeg ternyata sudah merambah di semua wilayah di Indonesia. Seperti juga didaerah lainnya di Purbalingga juga ada gudeg khas jogja yang lumayan terkenal yakni Gudeg Pawon Bu Puji.

 

Gudeg Jogja ini mangkal di Jalan Isdiman Purbalingga, dengan menggunakan gerobag dorong. Untuk menjamu para pelanggan juga disana juga disediakan bangku panjang dan kursi sedanya. Dengan beralaskan daun pisang dan kertas minyak, Maesroh salah satu pegawai Bu Puji dengan cekatan menyajikan nasi gudeg ke piring rotan kepada para pelanggannya.

 

Munaroh mengatakan sebenarnya pangkalan di Jalan Isdiman ini merupakan cabang Gudeg Bu Puji di Pasar Mandiri Purbalingga. Mangakalnya di tempat itu sudah sekitar 2 tahunan, hal tersebut dikarenkaan Jalan Isdiman merupakan salah satu jalan yang ramai dilalui oleh kendaraan.

 

Gudeg ini mulai buka jam 6 pagi sampai jam 12 siang, sedangkan di pasar mandiri mulai buka pukul 5 pagi. Setiap harinya 500-600 ribu rupiah dikantonginya dari hali penjualan gudegnya, sedangkan di hari Sabtu dan Minggu bisa mencapai 1,7 juta rupiah, hal tersebut dikarenakan banyaknya masyarakat Purbalingga yang weekend.

 

“ Jika Sabtu-Minggu harus nambah porsi dari biasanya,” kata Maesaroh sambil menuangkan sayur kulit rambak. Gudeg Bu Puji, satu porsinya dijual antara 17 ribu-22 ribu, itu tergantung dari lauknya mau menggunakan seperti tahu, ayam suir, ayam paha, sayur krecek dan daun singkong.

 

Gudeg Bu Puji ini khasnya pawon yakni dimasak dengan menggunakan kayu bakar, sehingga dari segi rasanya jauh berbeda dengan gudeg yang dimasak menggunakan kompor gas atau yang lainnya.

 

Menurut Dian Sulistiyono salah satu pelanggannya mengatakan bumbunya terasa dan sangat mantap dikarenakan memasaknya menggunakan pawon. “ Rasa manisnya masih terasa khas jogjanya, nyamlenge poll. Tidak usah jauh-jauh ke Jogja untuk beli gudeg, di Purbalingga juga ada,” katanya (dy).

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *