Pemkab Purbalingga Siap Dukung Deswita Baru

PURBALINGGA INFO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga siap mendukung desa wisata (Deswita) yang baru bermunculan di wilayah Kabupaten Purbalingga. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar)  Purbalingga, Gunanto Eko Saputra saat menyampaikan sambutan pada acara Soft Launching tempat wisata Lembah Wuni dirangkai dengan Purbalingga Rock Parade 2022, Kamis (7/7/2022) di Lembah Wuni Desa Majapura Kecamatan Bobotsari.

Gunanto mengatakan, Deswita yang baru dirintis harus mempersiapkan segala sesuatunya agar Pemkab Purbalingga bisa melakukan intervensi dan dukungan. Menurutnya, beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah pembentukan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) sehingga Pemkab bisa cepat membuatkan SK legal formalnya.

“Monggo segera saja dibuatkan Pokdarwisnya. Jika sudah, silahkan berkomunikasi dengan kami sehingga kami bisa membuat legal formalnya dan bisa segera mendukung kemajuan wisata termasuk di Majapura ini,” katanya.

Dia menambahkan, wisata rintisan Lembah Wuni tersebut memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan lebih lanjut. Konsep ruang terbuka yang ditawarkan bisa menjadi alternatif wisata keluarga yang diharapkan menyedot wisatawan baik di sekitar Kecamatan Bobotsari maupun cakupan yang lebih luas.

“Potensinya ada. Kami harap bisa menyedot wisatawan yang lebih banyak dengan cakupan yang lebih luas,” imbuhnya.

Kades Majapura, Retno Hendarwati dalam sambutannya menuturkan, selain konsep ruang terbuka, rintisan wisata tersebut ke depan akan dikembangkan menjadi wisata perkebunan kopi coklat, food court dan teater. “Mohon doanya ke depan akan kami kembangkan menjadi lebih luas dengan spot yang lebih bervariasi lagi,” pungkasnya. (LL/Kominfo)

You May Also Like

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *